Rencana Allah itu Indah, kok….

puzzlejodoh

Post saya kali ini akan membahas mengenai ‘jodoh’ (lagi?). Ya, jodoh lagi.

Ini berkaitan dengan acara Ustadz Yusuf Mansyur di Malang beberapa waktu yang lalu, 23 November 2012. Tanggal itu bertepatan dengan hari Jumat. Hari itu, Ustadz Yusuf Mansyur mengadakan sholat Jum’at bersama di masjid Universitas Brawijaya Malang. Dan malam harinya mengadakan acara ‘Spiritual … bersama Ust. Yusuf Mansyur’ (saya lupa) di Graha Cakrawala, Universitas Negeri Malang. Nah, yang akan saya bahas kali ini adalah acara malam hari di GC UM itu.

Sebenarnya saya tidak datang ke acara Ust. Yusuf Mansyur itu, saya hanya mendengarnya dan melihat siaran ulangnya di tv yang disiarkan ANTV di program ‘Wisata Hati’. Jadi, ada suatu momen yang berhubungan dengan apa yang akan saya bahas kali ini, JODOH.

Saat itu, Ust. Yusuf Mansyur meminta semua peserta menuliskan semua kegalauan yang sedang peserta hadapi. Kemudian, Ust. Yusuf Mansyur meminta semua ‘unek-unek’ itu dikumpulkan dan mendoakan bersama-sama agar Allah meringankan kegalauan yang peserta hadapi.

Ada salah satu ‘unek-unek’ yang dibaca oleh Ust. Yusuf Mansyur yang sangat istimewa menurut saya. Di ‘unek-unek’ itu dituliskan kegalauan yang kurang lebihnya seperti ini ‘Assalamu’alaikum Ustadz, saya mau komplain. Saya sudah sedekah habis-habisan, tapi kenapa saya belum menemukan jodoh saya?’.

Dan ternyata, Ustadz Yusuf Mansyur merasa tertarik dengan isi ‘unek-unek’ itu dan tidak disangka-sangka, ada ‘unek-unek’ lain yang sangat cocok dengan ’unek-unek’ itu. Beginilah kurang lebihnya, ‘Ustadz, saya perempuan berumur 24 tahun. Saya jomblowati. Saya punya tanggungan uang SPP 3 Juta. Saya ingin menghajikan orang tua saya.’

Tau skenario Allah selanjutnya?

Akhirnya, Ustadz Yusuf Mansyur memanggil dua penulis ‘unek-unek’ itu. Dan bertemulah sepasang manusia. Ustadz Yusuf Mansyur menjodohkan sepasang manusia itu.

“Kamu bisa membayar tanggungan 3 Juta rupiah saudari A?”, tanya Ustadz Yusuf Mansyur kepada lelaki penulis ‘unek-unek komplain’ itu.

“Bisa ustadz”

“Sanggup menghajikan orang tua saudari A?”

“InsyaAllah, sanggup ustadz”, jawab lelaki itu.

“Ya sudah. Kalian saya jodohkan. Dan sebagai hadiahnya, kalau kalian melanjutkan ke pernikahan, saya akan hadiahkan umroh dan jadi bintang tamu di ‘Chatting dengan YM’, biar saya usulkan nanti ”, Ustadz Yusuf Mansyur memanggil salah seorang panitia acara.

“Nanti kalau orang tua kedua belah pihak mempertanyakan ini, kamu jadi wakil saya. Saya kan tidak selamanya disini (Malang)”, kata Ustadz Yusuf Mansyur.

Akhirnya jadilah sepasang manusia itu dijodohkan dan dapat hadiah umroh cuma-cuma pula. Jadi apa yang bisa dipelajari dari cerita nyata ini?

Laki-laki itu sudah habis-habisan bersedekah, tapi jodohnya belum datang juga. Dan akhirnya, jodohnya muncul di tempat dan keadaan yang istimewa. Kenapa? Karena langsung dijodohkan oleh Ustadz Yusuf Mansyur dan dapat hadiah umroh pula, siapa yang menyangka. Benar-benar rencana yang indah dari Sang Pencipta bukan?

Jadi, kalau kita sudah berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik dan belum merasakan nikmat yang Allah janjikan, bersabarlah. Karena rencana Allah jauh lebih indah. Karena rencana-Nya akan datang tepat di saat kita sudah siap menerimanya. Mungkin tidak sekarang, karena kita masih belum siap. Ya kan?

Jazakumulullah… J

3 thoughts on “Rencana Allah itu Indah, kok….

Leave a Reply

